Dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, PPI Toyohashi ikut berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia Culinary Festival yang diselenggarakan oleh PPI Jepang di 17 lokasi dari Hokkaido ke Fukuoka dengan 45 menu masakan selama 8 jam pada tanggal 20 Agustus 2016. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PPI Toyohashi memiliki konsep ‘cooking class’, dimana kita tidak hanya mempromosikan rasa makanan tetapi memberikan pengalaman yang berkesan yaitu memasak masakan Indonesia bersama anggota dan keluarga PPI-Toyohashi.

Kegiatan ini diikuti oleh warga jepang, anggota PPI, keluarga PPI, dan mahasiswa international. Menu yang disajikan adalah bakmi jawa, batagor, dan es teller. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari ketua PPI-Toyohashi lalu pengarahan tentang bahan dan cara memasak menu masakan. Ida sebagai Kepala koki yang merupakan mahasiswi master di Toyohashi University of Technology memperagakan cara memasak ketiga menu diatas dan diikuti oleh semua peserta. Setelah selesai proses memasak, setiap peserta menikmati hasil masakannya dan saling mengenal satu sama lain. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama seluruh peserta serta wawancara yang dilakukan team dokumentasi terhadap beberapa peserta.

Melalui kegiatan ini, selain kita dapat mempromosikan makanan Indonesia, kita juga dapat membangun hubungan dan mengenalkan karakter bangsa Indonesia yang terkenal keramahannya selama proses interaksi pada kegiatan ini. Harapannya kegiatan yang bersifat mempromosikan budaya bangsa Indonesia diselenggarakan secara rutin sehingga masyarakat Jepang dapat lebih mengenal Indonesia.

Translate me