fotobersama

Memperingati hari dimana Indonesia mengibarkan benderanya 71 tahun yang lalu, kami Komsat Mie bersama 16 Komsat lain di PPI Jepang, melaksanakan Festival Kuliner 2016 serentak pada tanggal 20 Agustus lalu. Persiapan dapat dibilang cukup singkat, akan tetapi dengan persiapan yang matang dan jelas, acara ini dapat berlangsung dengan lancar. Dibantu oleh bagian Tsu International Communication Association, acara ini berlangsung di gedung Asuto Tsu, Mie Prefektur. Peserta terdiri dari 50 orang, terdiri dari 25 Warga Negara Indonesia, 21 Warga Negara Jepang dan 4 Warga Negara Asing (Nepal, Brazil, dll).

 

fotoantarkelompok

Foto tutor (WNI) dan peserta masak (WNJ dan WNA)

 

Pada hari tersebut, kami memperkenalkan dua masakan asal Palembang yaitu Pempek dan Tekwan. Kegiatan pertama adalah presentasi sekilas tentang Pempek dan Tekwan, yang kemudian dilanjutkan kegiatan praktek di Cookery room. Peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti arahan tutor selama memasak Pempek dan Tekwan. Setelah membuat main course, kami juga membuat minuman segar es buah untuk melepas dahaga. Selepas makan bersama antara panitia dan peserta, kami pun kembali ke ruang meeting untuk mempresentasikan mengenai Islam, Makanan Halal dan Budaya Indonesia.

 

FKI16_Mie_12

Makanan disajikan dan siap disantap! 🙂

Senang rasanya dapat berbagi mengenai Indonesia di ‘negeri orang’. Mungkin kegiatan ‘tujuhbelasan’ kami di sini tidak diwarnai dengan kegiatan patrotik seperti upacara bersama, sambutan formal, dan baris berbaris. Tetapi dengan kegiatan ini, cukup dapat merekatkan warga Indonesia dan memberi pemahaman lebih tentang Indonesia kepada warga Jepang.

Translate me